bisnis

Langkah-langkah melakukan jasa importir

Salah satu hal paling utama yang dibutuhkan dan di idamkan oleh siapa saja yang idamkan memulai usaha jasa importir.id adalah di Indonesia dan mengimpor barang ke Indonesia adalah lisensi usaha impor.

http://blueraycargo.id

Tanpa lisensi usaha impor, Anda tidak akan bisa lewat bea cukai. Tak hiraukan seberapa besar atau kecil pengiriman yang Anda lakukan, Anda wajib mengajukan lisensi spesifik ini sebelum akan bisa mengimpor barang ke Indonesia.

Anda sebaiknya tidak menunggu hingga saat-saat paling akhir untuk memahami segala hal yang berhubungan bersama dengan syarat-syarat lisensi impor. Selain itu, Anda termasuk wajib memahami berasal dari awal lisensi usaha impor mana yang sesuai bersama dengan keperluan usaha Anda dan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Oleh gara-gara itu, melalui artikel ini kami akan memberitahu Anda segala yang Anda wajib memahami sehubungan bersama dengan mengajukan lisensi usaha impor di Indonesia.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, otoritas yang berwenang menyesuaikan impor di Indonesia adalah Kementerian Perdagangan, yang melakukan kegiatan dagang layaknya registrasi dan pertumbuhan pasar. Pemain lain yang juga mempunyai peran penting di dalam regulasi impor dan perdagangan adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Pertanian dan Direktorat Jenderal Bea Cukai.

Sebagai seorang ekspatriat, meraih lisensi impor, baik API-U atau API-P sukar dan kompleks. Keseluruhan prosesnya sanggup terjadi empat sampai lima bulan dan menghabiskan banyak uang dan waktu. Hambatan masuk lebih-lebih sanggup jadi lebih rumit karena bergantung pada barang yang dikirim ke Indonesia. Sebelum mempermudah prosesnya untuk Anda, kami dapat membawa Anda untuk jelas persyaratan sistem yang diperlukan beserta saat yang dibutuhkan.

Langkah 1: Inkorporasi PT atau PT PMA di Indonesia or PT PMA in Indonesia (6 minggu)

Langkah 2: Memperoleh lisensi usaha permanen atau izin usaha selalu (IUT), cuma untuk API-U (1-2 minggu)

Langkah 3: Mendapatkan lisensi impor API-U atau API-P (1 minggu)

Langkah 4: Mendapatkan Nomor Identitas Kepabeanan (NIK)/Surat Pemberitahuan (4 minggu)

Langkah 5: Mendapatkan wejangan dari DEPTAN Kementerian Pertanian (hanya untuk kategori khusus layaknya makanan atau product anak-anak) (4 minggu)

Langkah 6: Persetujuan oleh otoritas lain, bergantung pada kategori product (misal: Badan Pengawasan Obat dan Makanan untuk product makanan) (3 minggu)

Langkah 7: Disetujui oleh Kementerian Perdagangan